PELAYANAN PATEN

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan yang Maha Kuasa, atas limpahan berkah, rahmat dan karunia Nya kami dapat menyusun “ Standar Pelayanan Publik ” yang merupakan ringkasan ketentuan terkait pemberian pelayanan administrasi kependudukan dan perizinan khususnya di Kecamatan Narmada.

Maksud disusunnya buku ini adalah sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pelayanan, baik pelayanan administrasi kependudukan, perizinan maupun dokumen kependudukan lainnya yang terkoordinasi dengan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan ( PATEN )

Terhadap masyarakat pengguna dan penerima manfaat dari pelayanan dapat memperoleh informasi tentang persyaratan administrasi yang harus disiapkan, sehingga penyelesaiannya dapat berjalan dengan cepat dan tepat serta memberikan gambaran prosedur pelayanan kepada masyarakat umumnya di Kecamatan Narmada.

Kami yakin dan percaya bahwa penyusunan buku ini masih banyak kekurangan, dan apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan akan kami terima. Semoga buku ini bermanfaat untuk berbagai kalangan.

 
 
 

    Narmada,     Maret 2019

Camat Narmada

 

 

 

 BQ. YENI SATRIANI EKAWATI, S.Sos

NIP : 19660306 198608 2 003

 

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

 

  1. PELAYANAN KEPENDUDUKAN        

A. Penerbitan Kartu Keluarga............................... 1

1. Penerbitan KK Baru.............................................. 1

2. Penambahan Keluarga Karena Kelahiran............ 1

3. Pengurangan Anggota Keluarga.......................... 2

4. Surat Keterangan Pindah Datang antar Kab/

    Kota, antar Provinsi.............................................. 2

5. Surat Keterangan Pindah Datang/Tinggal se

    Mentara................................................................. 2

B. Penerbitan E.KTP.............................................. 3

 

  1. PELAYANAN PERIZINAN                                           

1. Penerbitan SIUP................................................... 4

2. Penerbitan TDP.................................................... 6

3. Penerbitan IPPT................................................... 8

4. Penerbitan IMB..................................................... 9

5. Penerbitan IUMK.................................................. 9

6. Izin Eksplorasi Air dan Tanah............................. 10

          7. Dispensasi Nikah................................................ 10

          8. SKTM................................................................. 10

          9. Proposal............................................................. 11

          10. SKCK............................................................... 11

          11. Waris................................................................ 11

          12. Izin Keramaian................................................. 11

III.  REKOMENDASI..................................................... 11

 

I. PELAYANAN KEPENDUDUKAN

A. PENERBITAN KARTU KELUARGA (KK)

    1. Penerbitan KK Baru

         Persyaratan     :

  1. Surat Pengantar dari Desa
  2. KK Lama atau KK yang ditumpangi
  3. Izin Tinggal tetap bagi orang Asing
  4. Foto Copy/Kutipan Akta Nikah/Kawin
  5. Surat keterangan pindah/ surat keterangan pindah datang
  6. Kutipan Akte Kelahiran
  7. Surat keterangan kematian atau
  8. Surat keterangan kehilangan dari kepolisian, KK yang rusak
  9. Bukti telah perekaman E-KTP (semua keluarga wajib KTP)

 

2. Penambahan Anggota Keluarga Karena

    Kelahiran

    Persyaratan:

  1. Surat pengantar dari desa
  2. KK lama dimana pemohon terdaftar
  3. Foto Copy/kutipan Akte Nikah/Kawin
  4. Kutipan Akte Kelahiran bagi yang telah mencantumkan NIK
  5. Surat keterangan kelahiran dari Desa atau Rumah Sakit
  6. Bukti telah perekaman E-KTP (semua keluarga wajib KTP)

 

 

3. Pengurangan Anggota Keluarga

    Persyaratan:

  1. Surat pengantar dari desa
  2. KK Lama dimana pemohon terdaftar
  3. Surat keterangan kematian dari Desa bagi yang meninggal dunia
  4. Surat keterangan pindah bagi penduduk yang pindah
  5. Bukti telah perekaman E-KTP (semua keluarga wajib KTP)

 

4. Surat Keterangan  Pindah Datang WNI

    Antar Kab./Kota, Atar Provinsi

Persyaratan:

  1. surat pengantar dari dusun diketahui Kades
  2. KK yang ditumpangi
  3. KTP- Elektrik Asli
  4. Surat keterangan pindah dari dinas/Instansi/Kantor Kependudukan tempat daerah asal
  5. Bukti telah perekaman E-KTP (semua keluarga wajib KTP)
  6. Pas Photo ukuran 3 x 4 cm 4 lembar

 

5. Surat keterangan pindah datang / tinggal

    sementara

    Persyaratan:

  1. Surat pengantar dari Dusun diketahui Kepala Desa
  2. KK yang ditumpangi
  3. KTP- Elektrik asli
  4. Fotocopy KTP penjamin
  5. Surat Keterangan Pindah/ tinggal sementara dari daerah asal.

B. PENERBITAN E-KTP

 Persyaratan:

  1. Usia 17 tahun atau sudah pernah menikah
  2. Surat pengantar dari Desa dan Dusun
  3. Fotocopy KK
  4. Fotocopy Akte Nikah/Kawin/Cerai
  5. Surat keterangan pindah bagi penduduk dari luar Kecamatan Narmada
  6. Surat keterangan kehilangan dari Kepolisian atau KTP rusak
  7. Fotocopy Ijazah

 

II. PELAYANAN PERIZINAN

Berdasarakan Peraturan Bupati Lombok Barat Nomor 28 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Bupati Lombok Barat Nomor 26 Tahun 2013 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Bupati Lombok Barat kepada Camat untuk Melaksanakan Tugas Pemerintahan Daerah.

 

  1. PENERBITAN SURAT IZIN TEMPAT USAHA

Pemprosesan Surat Izin Tempat Usaha ( SITU ) Selama 4 ( empat ) hari kerja sejak berkas permohonan lengkap dan diterima

Persyaratan :

  1. Permohonan Baru
  1. Surat Keterangan dari Desa
  2. Surat keterangan tidak keberatan dari tetangga
  3. Fotocopy Sertifikat Tanah Hak Milik atau Akte/Surat        Sewa Menyewa
  4. Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan ( bagi yang berbadan hukum )
  5. Fotocopy tanda lunas PBB tahun terakhir
  6. Fotocopy KTP
  7. Fotocopy NPWP
  8. Sket/Denah Lokasi
  9. Pas Foto Ukuran 3x4, 2 lembar
  10. Mengisi  formulir  yang telah disediakan  dan
  11. bermaterai Rp.6.000.-
  12. Surat Kuasa pengurusan TDI apabila berwakil dan
  13. bermaterai Rp. 6.000.-

 

  1. Permohonan Pendaftaran Ulang, Perubahan dan / atau Pengganti SITU
  1. Surat Izin Tempat Usaha yang habis masa

     berlakunya / yang dimiliki

  1. Fotocopy tanda lunas PBB tahun terakhir
  2. Fotocopy KTP
  3. Fotocopy NPWP
  4. Pas Foto Ukuran 3 x 4,  2 lembar

 

  1. PENERBITAN SURAT IZIN USAHA

PERDAGANGAN ( SIUP )

Pemprosesan Surat Izin Usaha Perdagangan  ( SIUP ) selama 4 ( empat ) hari kerja sejak berkas permohonan lengkap dan diterima

Persyaratan

  1. Permohonan baru
  1. Fotocopy KTP
  2. Fotocopy NPWP
  3. Pas foto ukuran 3x4, 2 lembar
  4. Fotocopy  Akta Pendirian Perusahaan ( bagi    yang berbadan hukum )
  5. Fotocopy Pengesahan Badan Hukum dari    Kehakiman ( Khusus PT )
  6. Fotocopy SIUP Pusat yang sudah dilegalisir          ( Bagi Perusahaan Cabang )
  7. Fotocopy Surat Izin Tempat Usaha ( SITU )
  8. Surat Izin Gangguan ( HO )
  9. Fotocopy lunas PBB terakhir
  10. Mengisi formulir yang telah disediakan dan bermaterai Rp. 6.000,-

 

  1. Permohonan Pendaftaran Ulang, Perubahan   dan atau Penggantian SIUP
  1. Surat Izin Usaha Perdagangan yang habis masa berlakunya / yang dimiliki
  2. Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan ( bagi yang berbadab hukum )
  3. Fotocopy Pengesahan Badan Hukum dari Kehakiman ( Khusus PT )
  4. Fotocopy tanda lunas PBB tahun terakhir
  5. Fotocopy KTP

 

 

 

  1. PENERBITAN TANDA DAFTAR PERUSAHAAN

Pemprosesan Tanda Daftar Perusahaan ( TDP ) selama 4 ( empat ) hari kerja sejak berkas permohonan lengkap dan diterima

Persyaratan :

 

  1. Permohonan Baru
  1. Fotocopy KTP
  2. Fotocopy Akte Pendirian Perusahaan
  3. Fotocopy NPWP
  4. Sertifikat Surat Izin Tempat Usaha ( SITU )
  5. Sertifikat Surat Izin Usaha Perdagangan ( SIUP )
  6. Fotocopy TDP Pusat bagi perusahaan yang membuka cabang
  7. Surat Penunjukan Pimpinan Cabang bagi perusahaan cabang
  8. Mengisi formulir yang telah disediakan dan bermaterai Rp. 6.000,-

 

  1. Permohonan Pendaftaran Ulang, Perubahan

      dan/atau Penggantian TDP

  1. Fotocopy KTP
  2. Fotocopy Akte Pendirian Perusahaan
  3. Fotocopy NPWP
  4. Sertifikat TDP asli yang habis masa berlakunya
  5. Mengisi formulir yang telah disediakan dan bermaterai Rp. 6.000,-
 

PENERBITAN IPPT

Pemprosesan IPPT Rumah Tinggal selama 4 ( empat ) hari kerja sejak berkas permohonan lengkap diterima.

Luas bangunan sampai dengan 250 M2 sebagai dasar penerbitan IMB

 

Persyaratan          :

  1. Surat Permohonan
  2. Surat Rekomendasi dari Desa
  3. Fotocopy KTP Pemohon
  4. Fotocopy Sertifikat / Bukti Kepemilikan Tanah
  5. Surat Keterangan tidak keberatan dari tetangga
  6. Denah Lokasi
  7. Fotocopy Lunas PBB terakhir
  8. Surat kuasa Pengurusan IMB bermaterai  Rp. 6.000,- bagi pemohon yang berwakil

 

 

  1. PENERBITAN IMB

Pemprosesan IMB Rumah Tinggal selama 4 ( empat ) hari kerja sejak berkas permohonan lengkap dan diterima Luas bangunan sampai dengan 250 M2

Retribusi IMB dihitung berdasarkan ketentuan yang berlaku

 

Persyaratan :

  1. Surat Keterangan dari Desa
  2. Surat permohonan dari pemohon
  3. Fotocopy Sertifikat Tanah Hak Milik
  4. Pelunasan Pajak Bumi Bangunan ( PBB )
  5. Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) Pemohon
  6. Gambar Kontruksi bangunan
  7. RAB bangunan rumah tinggal
  8. Denah Lokasi Tanah yang dimohonkan
  9. Surat Keterangan tidak keberatan dari tetangga
  10. Surat Kuasa pengurusan IMB apabila berwakil dan bermaterai Rp. 6.000,-

 

  1. PENERBITAN IZIN USAHA MIKRO DAN KECIL

Pemprosesan Izin Usaha Mikro dan Kecil ( IUMK ) selama 2 ( dua ) hari kerja sejak berkas permohonan lengkap dan diterima

 

Persyaratan :

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran
  2. Surat Pengantar dari Dusun diketahui Kepala Desa
  3. Fotocopy KTP
  4. Fotocopy NPWP
  5. Fotocopy KK
  6. Pas foto ukuran 4 x 6 berwarna, 2 lembar

 

  1.   IZIN EKSPLORASI AIR DAN TANAH

Pemprosesan Izin Eksplorasi Air dan Tanah selama 3     ( tiga ) hari kerja sejak berkas permohonan lengkap dan diterima

 

Persyaratan :

  1. Surat pemohonan dari pemohon
  2. Surat keterangan dari Desa
  3. Fotocopy surat-surat tanah
  4. Fotocopy KTP pemohon
  5. Surat kuasa dari pemilik tanah
  6. Peta kordinat lokasi
  7. Peta Denah Lokasi
  8. Surat pernyataan tidak keberatan tetangga

 

  1. PENERBITAN DISPENSASI NIKAH

Persyaratan :

  1. Surat Permohonan mengetahui Kepala Desa
  2. Menunjukan Surat Model NA dari KUA
  3. Fotocopy KTP kedua calon pasangan
  4. Fotocopy KK kedua belah pihak
  5. Mengisi formulir permohonan

 

  1. SKTM

Persyaratan :

  1. Surat pengantar dari desa yang ditandatangani Kepala Dusun dan kepala desa mengetahui camat
  2. Fotocopy KK
  1. PROPOSAL

Persyaratan

  1. Proposal yang sudah ditandatangani oleh Kepala Dusun dan Kepala Desa oleh petugas yang ditunjuk menangani proposal

 

  1. SKCK

Persyaratan :

  1. Surat Pengantar dari Desa 2 Lembar
  2. Fotocopy E.KTP/KK 1 lembar

 

  1. WARIS

Persyaratan :

  1. Silsilah Keluarga dari Desa yang ditandatangani Kepala Dusun dan Saksi
  2. Fotocopy E.KTP
  3. Fotocopy Sertifikat / SPPT

 

  1. IZIN KERAMAIAN

Persyaratan :

  1. Ijin Rekomendasidari Desa sudah ditandatangani pengurus / panitia
  2. Fotocopy E.KTP / SPPT

 

III. REKOMENDASI

         

Berdasarkan Peraturan Bupati Lombok Barat Nomor 28 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Bupati Lombok Barat Nomor 26 Tahun 2013 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Bupati Lombok Barat Kepada Camat untuk melaksanakan tugas Pemerintahan Daerah, Rekomendasi Camat untuk perizinan skala Kabupaten, yaitu :

 

No

Bidang Urusan

Jenis Rekomendasi

 

1.

 

 

 

2.

 

 

 

 

3.

 

 

4.

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

6.

 

 

 

 

 

 

 

7.

 

 

8.

 

 

 

 

 

9.

 

 

10.

 

 

 

11.

 

 

 

 

12.

 

 

 

13.

 

 

 

14.

 

15.

 

 

16.

 

 

 

 

 

17.

 

 

 

18.

 

 

 

19.

 

Pendidikan

 

 

 

Kesehatan

 

 

 

 

Lingkungan Hidup

 

 

PU – Pengairan

 

 

 

 

Penatan Ruang

 

 

 

 

 

 

 

 

Koperasi dan UKM

 

 

 

 

 

 

 

Ketenaga kerjaan

 

 

Perhubungan

 

 

 

 

 

Politik  Dalam Negeri

 

Usaha Kesejahteraan Sosial

 

Kebudayaan

 

 

 

 

Pertanian

 

 

 

Kelautan dan Perikanan

 

 

Peternakan

 

Kehutanan

 

 

Listrik dan Pemanfaatan energi

 

 

 

Pengembangan Penanaman Modal

 

 

Penanaman Modal

 

 

 

BPM P2 T

 

  • Usul rencana pendirian sekolahTK, SD/MI, SMP/MTs

 

  • Izin kerja atau praktek tenaga kesehatan
  • Tempat usaha isi ulang depot air minum mineral

 

  • Pengurusan dokumen lingkungan

 

  • Izin untuk penggunaan / pemanfaatan jaringan tersier diluar kepentingan pertanian

 

  • Penerbitan PPT dan IMB untuk bangunan rumah tinggal, RUKO diatas 250 M2
  • Pembangunan perumahan yang dibangun oleh pengembang diatas 250 M2

 

  • Surat Keterangan Domisili Koperasi dan UKM
  • Izin pendirian koperasi di kecamatan pengajuan pemodalan koperasi dan UMKM yang dananya bersumber dari APBD

 

  • Pendirian tenaga bursa kerja swasta

 

  • Pemberian izin menara seluler bersama
  • Permohonan pembukaan izin trayek baru skala kecamatan

 

  • Rekomendasi pembentukan kecamatan

 

  • Rekomendasi Ormas/ Panti Sosial untuk daftar baru / ulang

 

  • Pemberian penghargaan kpd seniman yg berjasa kpd bangsa & negara skala kecamatan

 

  • Budidaya perkebunan
  • Pengolahan hasil perkebunan

 

  • Izin Pembudidaya & pengolahan hasil perikanan

 

  • Izin Usaha Peternakan

 

  • Izin pengolahan sarang burung wallet, lebah madu

 

  • Izin usaha ketenagalistrikan utk kepentingan sendiri yang berada di wilayah kecamatan

 

  • Surat keterangan domisili bagi industri yang mengusulkan modal

 

  • Surat keterangan penanaman modal

 

  • Ijin eksplorasi air dan tanah

 

 

 

 

 

ALUR PELAYANAN

 

 

 
 

 

 

 

 

Serah terima Sertifikat/SK

Description: j0186348

Pemohon memasukkan berkas lengkap

 

 

 
 

 

 

 

 

 

    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Description: j0301480 Description: j0301480

 

 

 

 

Sertifikat/SK/

Dokumen jadi

Petugas menverikasi dokumen

 

                           

 
Sambutan
Ngayo Dese, Program Inovasi Kecamatan Narmada Tahun 2019