LAPORAN PPID 2019

     KATA PENGANTAR

 

PPID Kantor Camat Narmada Kabupaten Lombok Barat merupakan tim yang bertugas mempublikasikan dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat luas. Laporan PPID ini merupakan refleksi seluruh program dan kegiatan yang berhasil dilaksanakan oleh Kantor Camat Narmada Kabupaten Lombok Barat selama tahun anggaran 2019 yang meliputi program dan kegiatan Kesekretariatan, Seksi Pemerintahan, Seksi Kesejahteraan Sosial, Seksi Ekonomi Pembangunan, Seksi Pelayanan Umum dan Seksi Trantib.

Ucapan terimakasih yang tulus disampaikan kepada semua pihak terutama karyawan- karyawati Kantor Camat Narmada Kabupaten Lombok Barat, atas segala peranserta dan kerjasamanya sepanjang tahun hingga penyusunan Laporan PPID 2019 ini. Kritik dan saran yang sifatnya konsturktif, edukatif dan inspiratif sangat diharapkan dari semua pihak untuk kesempurnaan penulisan di masa yang akan datang.

Akhirnya, semoga Laporan ini dapat bermanfaat, khususnya dalam rangka mewujudkan masyarakat Kecamatan Narmada yang unggul, mandiri, sejahtera dan bermartabat dilandasi nilai Patut, Patuh, Patju.

Narmada, 23 Januari 2020

CAMAT NARMADA

                                                                                                                       

 

BQ. YENI SATRIANI EKAWATI, S.Sos.

Pangkat : Pembina TK.I (IV/b)

NIP. 1966030819986082003

 

                                                                                                           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

                                                                                                                                    Halaman

KATA PENGANTAR.................................................................................................................................... i

DAFTAR ISI .................................................................................................................................... ii

BAB I PENDAHULUAN........................................................................................ 1

i

ii

1

1.1. Kebijakan Pelayanan Informasi Publik.......................................................... 1

1.2 Gambaran Umum Pelayanan Informasi        Publik Kecamatan Narmada.......................... 1

BAB II PELAKSANAAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK......................................................................................................... 3

2.1. Sarana dan Prasarana Pelayanan Informasi Publik………………………..

2.2. Sumber Daya Manusia……………………………………………………….

2.3. AnggaranPelayanan Informasi………………………………………………..

BAB III PERKEMBANGAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK……….

BAB IV SENGKETA PELAYANAN INFORMASI PUBLIK.................................................................................................................................. 9

BAB V KENDALA…………………………………………………………………

BAB VI REKOMENDASI DAN RENCANA TINDAK LANUT.................................................................................................................................. 9

BAB VII PENUTUP……….……………………………………………………….

1

1

3

3

5

5

5

9

9

9

10

 

BAB I

PENDAHULIAN

 

    1. Kebijakan Pelayanan Informasi Publik

 

UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik merupakan jaminan hukum bagi setiap orang untuk memperoleh informasi sebagai salah satu hak asasi manusia, sebagaimana diatur dalam UUD 1945 Pasal 28 F, yang menyebutkan bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki dan menyimpan Informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

Keberadaan UU No. 14 Tahun 2008 sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan  (1) hak setiap orang untuk memperoleh informasi publik; (2) kewajiban badan publik dalam menyediakan dan melayani permohonan informasi publik secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/proporsional, dan cara sederhana.

Pelaksanaan UU No. 14 Tahun 2008 di Kementrian Kominfo secara hukum berdasarkan Keputusan Menteri Kominfo No.  117/KEP/M.KOMINFO/03/2010 tentang Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi dan juga Peraturan Menteri Kominfo No. 10/KEP/M.KOMINFO/03/2010 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi. Peraturan ini bertujuan untuk (1) memberikan standar bagi badan publik dalam melaksanakan pelayanan informasi publik; (2) meningkatkan pelayanan informasi publik  di  lingkungan  badan publik untuk menghasilkan layanan informasipublik yang berkualitas;  (3) menjamin pemenuhan hak warga negara untuk mempeoleh akses informasi publik; dan (4) menjamin terwujudnya tujuan penyelenggaraan keterbukaan informasi sebagaimana diatur dalam UU NO. 14 Tahun 2008.

Dengan membuka akses publik terhadap informasi diharapkan badan publik termotivasi untuk bertanggang jawab dan berorientasi pada pelayanan rakyatyang sebaik-baiknya. Dengan demikian, hal ini dapat mempercepat perwujudan pemerintahan yang terbuka yang merupakan upaya strategis mencegah praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), dan terciptanya pemerintahan yang baik (good govermance).

 

    1. Gambaran Umum Pelayanan Informasi Publik Kecamatan Narmada .

Dalam rangka mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat  dengan   sebaik-baiknya dan bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme dan menerapkan nilai “Pelayanan”, Kecamatan Narmada menindaklanjutinya dengan beberapa aksi nyata demi  terwujudnya pelayanan informasi kepada stakeholders. Dimulai dengan penyusunan payung hukum untuk penunjukkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan Kecamatan Narmada melalui Keputusan Camat Narmada yang  menetapkan  beberapa  pejabatyang menangani kehumasan maupun dokumentasi sebagai PPID  diKantor Camat Narmada.

Setelah penyusunan regulasi, hal krusial berikutnya yang menjadi fokus adalah penyediaan informasi publik sesuai dengan UU KIP maupun Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun  2010  tentang  Standar LayananInformasi Publik yang melibatkan proses pengumpulan materi serta klasifikasi.

Kegiatan tersebut menjadi sesuatu hal yang sangat menantang, mengingat pemahaman tentang keterbukaan informasi dari masing-masing pemilik informasi sangat beragam. Agar proses keterbukaan informasi dapat berjalan dengan baik, maka knowledge management system yang dipilih adalah dengan  melaksanakan  sosialisasi, capacity building maupun sharing session bersama seluruh PPID di lingkungan Kecamatan Narmada melalui rapat koordinasi  yang  dilaksanakan  secara rutin,  konsultasi  kepada  Komisi Informasi Pusat serta melakukan edukasi kepada unit-unit teknis selaku pemilik informasi. Dengan melakukan koordinasi bersama unit terkait secara intens dan reguler maka akses terhadap informasi  dari masing-masing unit semakin mudah. Pemahaman yang mendalam atas UUKIP dan peraturan perundang-undangan terkait dirasa sangat membantu dalam proses klasifikasi ini sehingga dapat menentukan dengan pasti mengenai informasiyangdapatdiaksesolehpublik maupunyangdikecualikanuntukdiakses sesuai dengan ujikonsekuensi.

Selain hal-hal tersebut, guna memberikan layanan yang baik dan berorientasi kepada kepuasaan pemohon informasi, maka PPID Kecamatan Narmada menyediakan ruang layanan khusus pemohon informasi serta menyusun Standar OperasionalProsedur (SOP) agar setiap layanan memiliki standar layanan dan sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang PelayananPublik.

 
 

Ruang pelayanan informasi tersebut dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang mumpuni dalam pelaksanaan layanan.

 

 
 

IMG_9265.JPG

 

Pelayanan dan Registrasi PATEN

 

BAB II

PELAKSANAAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

2.1.  Sarana dan Prasarana Pelayanan Informasi Publik

Fasilitas yang tersedia dalam rangka memberikan layanan informasi publik pada Kantor Camat Narmada Kabupaten Lombok Barat meliputi beberapa aspek yang dapat diuraikan sebagai berikut :

 

 

  • Sarana Input dan Pengolah Data di  Komputer

Sarana  prasarana pengumpulan dan pengolah data tidak merupakan sarana yang dikhususkan dalam pengolahan PPID SKPD namun menggunakan sarana yang sudah ada di SKPD sebelum pembentukan PPID. Sarana dan ruangan yang digunakan sebagi posko PPID adalah computer PC, laptop, printer yang terdapat di ruang Subbag Program, melihat dinamika imformasi yang terus berkembang nantinya akan di butuhkan sarana yang khusus peruntukannya untuk tim PPID dalam mengelola imformasiKantor CamatNarmada Kabupaten Lombok Barat. Namun hal tersebut tentunya harus di pertimbangkan dengan pekerjaan yang diemban jika masih di optimalkan dengan sarana yang ada maka efisiensi dan efektifitas akan menjadi pertimbangan utama dalam perjalanan aktivitas tim PPID dalam mengelola imformasi publik.

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DESK LAYANAN INFORMASI PUBLIK

 

 

  • Jaringan internet

Jaringan dan koneksi internet sudah ada sebelum terbentuknya PPID Kantor Camat Narmada Kabupten Lombok Barat tahun 2017. Namun jaringan yang ada kurang memadai untuk menangani beban tugas yang semakin hari terus membutuhkan koneksi internet,kebutuhan koneksi internet sudah menjadi keharusan dalam mengelola informasi publik. Peremajaan jaringan dan penambahan bandwitch sudah menjadi prioritas pada perkembangan hingga dua  tahun kedepan. Karena Keterbatasan Bandwitch, hingga saat ini koneksi Internet masih dibatasi pengunaannya hanya untuk aktivitas aparatur yang ada di Kantor Camat Narmada Kabupaten Lombok Barat

 

  • Akses Impormasi Publik

Masyarakat luas dapat mengakses informasi yang dibutuhkan pada Kantor Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat dapat mengunjungi situs http://www.narmada.lombokbarat.go.id. Dan http://www.ppid.lombokbaratkab.go.id. Selain itu untuk mendapatkan informasi dapat juga dengan metode konvensional dengan mendatangi Kantor Camat Narmada.

 

 

 

 
 
 
 
 

GAMBARAN PELAYANAN PATEN KECAMATAN NARMADA

 

 

 


 

    1. Sumber Daya Manusia

Sesuai dengan SK Camat Narmada Nomor 12 tahun 2019 tentang penetapan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Satuan Kerja Perangkat Daerah pada Kantor Kecamatan Narmada kabupaten Lombok Barat dimana ditetapkan  9 orang sebagai Pejabat pengelola Informasi dan Dokumentasi PPID SKPD yang dapat dijabarkan sebagai berkut :

Tabel 1  Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi SKPD

 

NO

JABATAN

KEDUDUKAN DALAM TIM PPID SKPD

1

2

3

  1.  

Camat

Atasan PPID SKPD

  1.  

Sekretaris Camat

Ketua PPID SKPD

  1.  

Kasi Pelayanan Umum

Koordinator Bidang Pelayanan Informasi

  1.  

Kasi Kesejahteraan Sosial

Koordinator Bidang Pengolah Informasi

  1.  

Kasubbag Prog. & Keu.

Koordinator Bidang Pengolah Informasi

  1.  

Kasubbag  Umum dan Kepegawaian

Koordinator Bidang Dokumentasi dan Arsip

  1.  

Jatimah

Anggota

  1.  

Marsudi

Operator PPID

  1.  

Sarisah

Operator PPID

 

    1. Anggaran pelayanan Informasi

Anggaran operasional pelayanan informasi pada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, Tim PATEN dan pemberi pelayanan yang lain melekat pada DPA Kecamatan Narmada Tahun Anggaran 2019 yang meliputi kegiatan penguatan layanan informasi, pengelolaan website PPID dan pelaksanaan pelayanan yang lain.

Anggaran yang dialokasikan dalam bentuk honorarium bulanan untuk Tim PPID SKPD sebanyak 10 bulan.

 

 

BAB III

PERKEMBANGAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

Sepanjang tahun 2019 belum ada permintaan melalui website PPID, permintaan data masih menggunakan cara konvensional berupa kunjungan langsung ke kantor Camat sebagaimana digambarkan dalam tabel berikut.

 

 

Tabel  2.1  Jumlah Layanan Informasi Publik tahun 2019 Bidang Kependudukan.

No.

Bulan

Jumlah Permohonan

Pemohon Informasi

JUMLAH

KK

KTP

SKP

Individu

Lembaga

1

2

3

4

5

6

7

8

1

Januari

      301

      261

     59

        621

0

          621

2

Februari

      350

      266

     69

        685

0

          685

3

Maret

      259

      287

     59

        605

0

          605

4

April

      142

      207

     55

        404

0

          404

5

Mei

        85

      141

41

        267

0

          267

6

Juni

        89

      134

     50

        273

0

          273

7

Juli

      133

      174

     64

        371

0

          371

8

Agustus

      154

      122

     53

        329

0

          329

9

September

      147

      127

     47

        321

0

          321

10

Oktober

      132

      122

     55

        309

0

          309

11

Nopember

        97

       69

     33

        199

0

          199

12

Desember

        85

<
Sambutan
Ngayo Dese, Program Inovasi Kecamatan Narmada Tahun 2019