LOGO narmada
Beranda > Berita > Bupati Fauzan Khalid Apresiasi Stq Xxvii Tingkat Kecamatan Narmada
Berita Utama

Bupati Fauzan Khalid Apresiasi STQ XXVII Tingkat Kecamatan Narmada

Posting oleh narmadalobar - 19 Sep. 2022 - Dilihat 276 kali

Narmada, (19/9/2022)- Pembukaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-27 (XXVII) Tingkat Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat berlansung sukses.Dibuka secara resmi oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid diawali dengan pemukulan bedug, Minggu (18/9). Hadir juga Anggota DPRD Provinsi NTB TGH. Mahaly Fikri,  Asisten I Setda Lombok Barat H. Agus Gunawan, Kabag Kesra H. Maksum, Camat Narmada M. Busyairi, Ketua LPTQ Kecamatan, Kepala Desa se-Kecamataman Narmada,  tokoh agama dan masyarakat serta para undangan lainnya.

Hj. Suri Rahayu selaku panitia penyelenggara mengatakan bahwa STQ tingkat kecamatan Narmada secara rutin diadakan setiap tahunnya oleh LPTQ dan Pemerintah Kecamatan Narmada.
 
"Untuk tahun ini jumlah peserta STQ diikuti oleh 141 orang dari 21 Desa se Kecamatan Narmada," kata Suri.

Untuk cabang tilawah Al-Qur'an anak-anak diikuti 24 orang yaitu 12 putra dan 12 putri, cabang tilawah dewasa sebanyak 18 orang: 10 putra dan 8 putri.

Berikutnya cabang Hifzil Qur'an tahfiz 1 juz diikuti 27 orang terdiri atas 14 putra dan 13 putri. Untuk 5  juz ada 23 orang yaitu 10 putra dan 13 putri.  Selanjutnya tahfiz 10 juz ada 25 orang 14 putra dan 11 putri.  Tahfiz 20 juz ada 14 orang 9 putra dan 5 putri, kemudian untuk 30 juz diikuti oleh 8 orang 5 putra dan 3 putri.

Selanjutnya untuk Cabang Tafsir Qur'an Bahasa Arab diikuti oleh 4 orang terdiri dari 2 putra dan 2 putri.
Tujuan diselenggarakannya STQ XXVII ini untuk meningkatkan minat baca dan menghafal Al-Qur'an, selain itu sebagai ajang evaluasi dan pembinaan oleh para ustaz ustazah serta mencari bibit bibit qori dan qoriah dalam rangka menggali potensi bakat generasi muda Kecamatan Narmada menuju generasi yang Qur'ani.

Selain itu,  juga untuk dapat melahirkan qori' dan qori'ah yang mampu berkompetisi di Musabaqoh Tilawatil Qur'an baik di tingkat kabupaten, provinsi, nasional maupun Internasional.

Kegiatan pembukaan STQ ini berlangsung di Musholla Cina Milik H. Maliki di Desa Pakuan Kecamatan Narmada.

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid dalam sambutannya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Camat dan jajarannya yang telah menginisiasi kegiatan STQ dengan kolaborasi termasuk kegiatan-kegiatan lain yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kecamatan Narmada.

"Kecamatan Narmada itu selalu kita tahu basisnya gotong royong dengan melibatkan seluruh masyarakat. Ini sangat luar biasa dan patut kita apresiasi," ucap Fauzan.

Untuk itu bupati pesankan pada STQ pada Bulan Nopember yang akan datang Narmada keluar menjadi juara umum atau minimal sama mempertahankan juara 4 besar pada MTQ tahun lalu yang digelar di Gedung Budaya.

Karena potensi Kecamatan Narmada cukup potensial untuk juara umum selain banyak pondok pesantren di Kecamatan Narmada.

"Mari Kita sama-sama membumikan Al-Qur'an paling tidak lima menit kita sempatkan diri membaca Al-Qurannulkarim, karena tujuan STQ MTQ itu membudayakan membaca Al-Qur'an," ujar Fauzan. (Pak De)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *