LOGO narmada
Beranda > Berita > Lestarikan Kesenian Islam, Pemerintah Kecamatan Narmada Menggelar Festival…
Berita Utama

Lestarikan kesenian Islam, Pemerintah Kecamatan Narmada menggelar Festival Hadrah

Posting oleh narmadalobar - 27 Juli 2022 - Dilihat 60 kali

Narmada (27/7) Sejak hari Kamis hingga Minggu (28-31/7) mendatang Pemerintah Kecamatan Narmada akan menggelar Festival Hadrah tingkat kecamatan. Selain sebagai upaya melestarikan kesenian Islam yang telah menjadi bagian dari Budaya Indonesia, kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kecamatan Narmada yang rencananya akan dilaksanakan akhir Agustus tahun ini.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Seni dan Budaya, Narmada ini akan diikuti oleh sekitar 13 grup hadrah merupakan perwakilan dari beberapa desa yang ada.

Ketua Panitia Hj. Suri Rahayuni menyatakan, bahwa hingga jadwal yang telah ditetukan jumlah pendaftar sebanyak 13 kelompok/grup hadrah. “ ini adalah kali pertama kita melaksanakan lomba hadrah, tentu akan menjadi pengalaman pertama dan pembelajaran bagi kita untuk dapat dijadikan acuan pada pelaksanaan kegiatan serupa pada masa-masa yang akan datang.” tegasnya.

Berdasarkan hasil teknikal meeting yang dilaksanakan pada hari Jum’at (22/7) kemarin beberapa ketentuan telah disepakati oleh Panita dan peserta lomba yaitu Festival dilaksanakan untuk 2 (dua) kategori, yaitu dewasa dan anak-anak, dan dilaksanakan dalam satu kali putaran yang langsung diumumkan pemenangnya setelah selesai perlombaan. Masing-masing kategori akan diambil 3 pemenang terbaik. Peralatan yang digunakan adalah murni hadrah yang dibawa sendiri oleh peserta. Jumlah Peserta  dalam 1 grup maksimal 15 orang, dan seorang anggota grup tidak dibenarkan terdaftar pada grup lain.

Peserta hadir 30 menit sebelum tampil dan diberikan durasi waktu selama 15 menit. Lagu yang dibawakan terbagi menjadi 2 (dua) kategori yaitu Lagu Pertama adalah lagu wajib Dzoharoddinul Mu’ayyad / Busyro Lanaa / Sholatun Bisalamin Mubin dan lagu kedua pilihan bebas sholawat, nasyid  dengan ketentuan teks nada atau tone lagu berbahasa aliran arab.

Adapun Kriteria Penilaian terdiri dari 4 aspek, yaitu Vocal/suara, Music, dan Performance/penampilan serta Adab/sopan santun.

Festival hadrah ini rencananya juga akan dihadiri Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, S.Ag. M.Si. yang akan langsung membuka festival hadrah, Ketua LAZQI Lombok Barat Hj. Khairatun Fauzan Khalid, SMi , serta beberapa undangan lainnya.

Sementara itu, Camat Narmada, M. Busyairi saat ditemui diruang kerjanya menyampaikan bahwa Festival Hadrah tingkat kecamatan Narmada dengan tema Narmada Bersholawat ini dilaksanakan dengan semangat membumikan sholawat di Narmada. Selanjutnya ia juga berharap dengan banyaknya kelompok hadrah di Narmada, butuh media tampil setelah latihan setiap hari, sebagai penyemangat mereka agar lebih giat lagi mengumandangkan sholawat dalam seni.

“Mengutip kata orang bijak : Dengan ilmu hidup menjadi mudah, dengan agama hidup menjadi terarah, dengan seni hidup menjadi indah Maka hadrah ini adalah gabungan dari ilmu, agama, dan seni,” tutupnya. (Mr.D)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *